Aug 10, 2017

Asal Usul Kata Komputer

Asal-usul kata komputer

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang dalam bahasa Inggris berarti compute atau to compute atau computer. Di masa sebelum masehi, penggunaan kata Computare ditujukan sebagai panggilan untuk orang-orang yang berprofesi sebagai ahli dalam perhitungan aritmatika (baik dengan menggunakan apat bantu hitung maupun tanpa menggunakan alat bantu hitung konvensional).

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata computer mulai digunakan secara umum dalam bahasa Inggris pada tahun 1646. Pada saat itu Komputer dipakai sebagai nama panggilan untuk menyebut ‘orang yang menghitung’ atau ‘orang yang bertugas sebagai penghitung’.

Kemudian menjelang tahun 1897, barulah kata Komputer digunakan sebagai sebutan untuk ‘alat hitung mekanis’. Mengapa bisa Disebut seperti itu?. karena alat hitung mekanis pada jaman dulu sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berhubungan dengan masalah aritmatika.

Dilihat dari asal-usul dan penggunaannya, dapat kita simpulkan bahwa kata komputer awalnya bukan sebutan umum yang ditujukan pada perangkat elektronik seperti yang kita ketahui saat ini, melainkan lebih ditujukan sebagai sebutan untuk ‘manusia’.

Seiring berjalannya waktu, kata ‘komputer‘ tidak lagi digunakan sebagai nama panggilan sebuah profesi, dan secara berangsur-angsur kata komputer mulai dialihkan sebagai sebutan untuk sebuah perangkat mesin yang dalam fungsinya digunakan sebagai alat bantu untuk menghitung.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Komputer dari generasi kegenerasi

Kata computer yang tadinya digunakan untuk menyebut sebuah alat hitung mekanis itu pada akhirnya terus dipakai meski jaman sudah berubah. Tak perduli meskipun komputer yang dimaksud sudah berkembang jauh lebih hebat dari segi fungsi, atau dengan kata lain sudah tidak lagi digunakan sebagai alat hitung belaka, namun nama computer masih terus melekat hingga saat ini.

Di Indonesia, kata computer di alih bahasakan menjadi kata komputer. Tentu saja hal ini terjadi karena bahasa Indonesia memang sering mengadopsi beberapa ungkapan modern dari negara asing, dengan beberapa ubahan yang disesuaikan dengan intonasi dan gaya bicara masyarakat itu sendiri

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar