Sep 17, 2017

Pengertian Power Supply dan jenis-jenisnya


Power Supply

Power Supply Unit (PSU) atau sering disebut Power Supply (Catu Daya) adalah komponen komputer yang memasok listrik kekomponen komputer lain yang berada di dalam Personal Computer (PC). Power Supply biasanya dirancang untuk mengkonversi arus linstrik bolak-balik (AC 220-240V) menjadi arus listrik DC (Arus Searah) untuk dapat dikonsumsi oleh komponen internal komputer.

Power Supply biasanya terletak pada belakang kesing komputer yang memiliki bentuk kotak dengan kabel-kabel yang menjulur keluar, kemudiam pada ujung-ujung kabel tersebut terdapat beberapa konektor yang di gunakan untuk menyambungkan kabel daru masing-masing komponen komputer.

Sedangkan untuk fungsi dari Power supply ialah mengalirkan arus listrik untuk komponen/hardware pada komputer dengan arus DC (arus searah), yang pada awalnya arus listrik yang masuk kedalam power supply merupakan arus AC (arus bolak-balik) kemudian dikonversi atau dirubah menjadi arus DC (arus searah) yang kemudian dialirkan kedalam komponen-komponen elektronika yang ada didalam casing komputer seperti motherboard, kipas/ fan, cd room, harddisk dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Power Supply
Menurut perbedaannya, Power Supply terbagi menjadi dua jenis, yaitu power supply dengan jenis AT dan power supply berjenis ATX. Berikut adalah perbedaan dari kedua jenis power supply diatas.

1. Power Supply AT
Power Supply AT merupakan jenis power supply yang digunakan pada komputer jadul (Jaman Dahulu), power supply jenis ini sering dijumpai pada komputer pentium II dan juga pentium III.

Ciri-ciri power supply AT
kabel daya untuk mobo (motherboard) terdiri dari 8-12 pinTombol ON/OFF bersifat manualMengkonsumsi daya dibawah 250 watt.ketika shutdown, PC tidak benar-benar mati tetapi masih harus menekan tombol ON/OFF pada power supply tersebut

2. Power Supply jenis ATX
power supply ATX lebih simple dibandingkan dengan power supply dengan jenis AT, untuk PSU jenis ini memiliki 20 pin dan karena itulah power supply jenis ini sering juga disebut dengan ATX 20 pin.

Ciri-ciri Power Supply ATX
kabel power untuk motherboard terdiri dari 20 pinketika shutdown PC akan otomatis sepenuhnya matiDaya yang dipakai lebih besar dari pada daya yang dipakai oleh Power Supply jenis AT.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar