Sep 24, 2017

Penjelasan Motherboard (papan Induk) dan Jenis-jenisnya

Pengertian Motherboard (papan Induk)


Definisi Motherboard (Papan Induk)

Motherboard atau jika diartikan dalam bahasa indonesia yaitu papan induk adalah papan sirkuit tempat dari berbagai komponen elektronik yang saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh.

Motherboard bisa juga diartikan sebagai papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan beberapa konektor sebagai penghubung akses dari masing-masing komponen atau perangkat komputer.

Dari komponen-komponen komputer (perangkat keras atau hardware) yang lain, Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah komputer, karena pada Motherboard-lah semua komponen komputer yang ada akan disatukan melalui konektor-konektor yang berada padanya.

Dari pengertian dan definisi diatas, bisa kita simpulkan bahwa fungsi dari Motherboard adalah perangkat keras komputer yang menghubungkan semua peralatan komputer seperti Processor, Random Access Memory (RAM), Harddisk dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Motherboard

Tak hanya power supply yang memiliki jenis-jenis untuk membedakan power supply, Mainboard juga memiliki beberapa jenis yang membedakan mainboard satu dengan yang lain. Berikut adalah jenis-jenis mainboard.

  1. Motherboard AT - Motherboard jenis ini merupakan jenis motherboard klasik, yang sudah tidak digunkaan lagi saat ini. Motherboard jenis AT ini dikembangkan oleh IBM untuk mendukung penggunaan processor Pentium 2 pada saat itu, Apabila dibandingkan dengan generasi penerusnya, Motherboard AT ini memiliki banyak kekurangannya seperti mudah mengalami panas dan juga ukurannya yang cukup besar.
  2. Motherboard ATX - Motherboard ini merupakan perkembangan dari motherboard dengan jenis AT, Motherboard ATX juga merupakan salah satu jenis motherboard standar yang banyak digunakan pada komputer di dunia.
  3. Motherboard BTX - Motherboard BTX merupakan kependekan dari Balanced Technology Extended yang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan penggunaan pada sebuah sistem komputer.
  4. Motherboard ITX - Motherboard ITX ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada motherboard ATX dan BTX


    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write komentar