Oct 30, 2017

Pengertian Akhlak secara lengkap

Akhlak

Pengertian Akhlak

Akhlak memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. baik bagi diri sendiri, berhubungan dengan sosial dan lingkungan, maupun berhubungan dengan Allah SWT. Akhlak merupakan sifat abstrak yang terdapat pada setiap manusia dan dapat mencerminkan kepribadian yang baik ataupun buruk.

Kata akhlak berasal dari bahasa Arab yaitu khuluq yang jamaknya akhlaq. Menurut bahasa akhlak adalah perangai, tabiat dan agama. Dari pengertian tersebut, akhlak mengandung segi-segi persesuaian dengan perkataan khalq yang berarti “kejadian”, serta akhlak juga sangat erat hubungannya dengan kata khaliq yang berarti “Pencipta” dan makhluq yang berarti “yang diciptakan” (Rosihon Anwar, 2010 : 11).

Berkaitan dengan pengertian khuluq yang berarti agama, lebih lanjut Rosihon Anwar menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Akhlak Tasawuf bahwa Al-fairuzzabadi berkata, “Ketahuilah, agama pada dasarnya adalah akhlak. Barang siapa memiliki akhlak yang mulia, kualitas agamanya pun mulia. Agama diletakkan di atas empat landasan akhlak utama, yaitu kesabaran, memelihara diri, keberanian dan keadilan.”

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata akhlaq diartikan sebagai budi pekerti, watak atau tabiat. Kata akhlaq lebih luas artinya daripada moral atau etika yang sering dipakai dalam bahasa Indonesia sebab akhlaq meliputi segi-segi kejiwaan dari tingkah laku lahiriah dan batiniah seseorang.

Namun, beberapa pakar dan ahli memberikan gagasan tentang pengertian akhlak secara istilah, sebagaimana berikut ini :
1. Menurut Imam Ghozali.
Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan berbagai macam perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

2. Menurut Ibnu Miskawaih.
Akhlak adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan tanpa melalui pertimbangan.

3. Menurut Ibrahim Anis.
Akhlak adalah ilmu yang objeknya membahas nilai-nilai yang berkaitan dengan perbuatan manusia, dapat disifatkan dengan baik dan buruknya.

4. Menurut Prof. Dr. Ahmad Amin
Akhlak adalah kebiasaan baik dan buruk, segala sesuatu yang kehendak yang terbiasa dilakukan.

5. Menurut Ki Hajar Dewantara
Akhlak adalah segala soal kebaikan dan keburukan di dalam hidup manusia pada umumnya, khususnya yang mengenai gerak-gerik pikiran dan rasa yang berupa pertimbangan dan perasaan, sampai mengenai aplikasinya yang berupa sebuah perbuatan. Selain itu, Ki Hajar Dewantara juga menegaskan bahwa akhlak merupakan sifat ketertiban (tata) di dalam hidup manusia (lahir dan batin), sehingga hidup manusia itu terlihat berbeda dengan hidup makhluk-makhluk yang lainnya.

6. Menurut Ja’ad Maulana
Akhlak adalah segala macam gerak  jiwa manusia, apa yang dibiasakan mereka dari perbuatan dan perkatan yang menyingkap hakikat-hakikat baik dan buruk.

7. Menurut Situs Wikipedia
Akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan. Karena akhlak merupakan suatu keadaan yang melekat pada diri seseorang, maka suatu perbuatan itu bisa disebut akhlak jika terpenuhi beberapa syarat, adapun syarat-syarat agar dapat disebut sebagai akhlak sebagai berikut:
  • Perbuatan itu dilakukan berulang-ulang, kalau suatu perbuatan itu hanya dilakukan sekali saja, maka tidak dapat disebut sebagai akhlak.
  • Perbuatan itu timbul dengan mudah tanpa dipikirkan atau diteliti lebih dahulu, sehingga benar-benar ialah suatu kebiasaan. Namun jika perbuatan itu timbul karena terpaksa atau karena ada motif dari orang lain atau karena setelah dipikirkan dan dipertimbangkan secara matang, maka tidak dapat disebut sebagai akhlak.
  • Akhlak dalam islam adalah landasan mengenai perhitungan baik atau buruknya sesuatu. Landasan akhlak dalam islam didasarkan pada aspek Ketuhanan dimana benar atau salahnya serta baik atau buruknya akhlak bergantung kepada apa yang disampaikan oleh Allah SWT.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar