Sep 14, 2017

Pengertian komputer menurut para ahli

pengertian komputer menurut para ahli.jpg
14 Pengertian Komputer menurut para ahli

Anda mungkin memang sudah akrab dengan komputer, berikut juga dengan softwarenya, bahkan anda sudah bisa menjadi super user dari sebuah komputer. Namun, perlu anda ketahui bahwa definisi dari sebuah computer juga penting untuk dipelajari. Kita akan lebih mengenal sebuah komputer dan dapat memahami apa arti dari sebuah komputer.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa pengertian dan juga definisi komputer yang saya rangkum dan saya kumpulkan menjadi satu artikel yang berjudul Pengertian komputer menurut para ahli
  1. Pengertian Komputer menurut C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky - Hamacher, Vranesic, & Zaky (dalam Wimatra dkk, 2008) mengatakan bahwa komputer didefinisikan sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
  2. Pengertian komputer menurut American Standard Institute - Masih di dalam buku yang disusun oleh Wimatra, dkk (2008), disebutkan oleh American Standard Institute bahwa komputer pada dasarnya merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat serta termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesannya
  3. Pengertian komputer menurut Wimatra, dkk (2008) - Wimatra, dkk membuat kesimpulan mengenai arti penting dari sebuah komputer. Wimatra, dkk (2008) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sebuah komputer adalah suatu sistem perangkat elektronik yang memilki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna. Ditambahkan pula, bahwa suatu komputer harus memiliki beberapa elemen agar bisa bekerja dengan baik dan juga bermanfaat, yaitu elemen brainwae (user), hardware (perangkat keras komputer) dan juga software (perangkat lunak komputer).
  4. Pengertian Komputer menurut Arif Susanto - Susanto (2009) mengatakan bahwa apa yang disebut dengan komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis. Disebutkan pula bahwa komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu Computare, Computare sendiri memiliki arti untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditujukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, baik secara manual maupun menggunakan alat bantu hitung.
  5. Pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer - Blissmer (dalam Susanto, 2009) mengatakan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
  6. Pengertian Komputer menurut Donald H. Sanders - Pendapat lainnya yang terdapat pada paper milik Susanto (2009) mengenai definisi dan pengertian dari komputer berasal dari pendapat yang dikemukakan oleh Sanders. Sanders (dalam Susanto, 2009) mengatakan bahwa komputer merupakan suatu sistem elektronik utk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-intruksi program yg tersimpan di memori (stored program).
  7. Pengertian Komputer menurut William M. Fouri - Dalam bukunya yang berjudul The Tool of Bussines, Fouri menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yg dapat melakukan perhitungan yg besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika yg besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yg mengoperasikannya selama pemrosesan berlangsung
  8. Pengertian Komputer menurut Gordon B. Davis - Davis, dalam buku yang diberi judul Introduction to The Computer menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan komputer adalah merupakan suatu tipe khusus dari alat penghitung uang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
  9. Pengertian komputer menurut Elias M. Awad - Awad mengatakan bahwa apa yang dimaksud dengan sebuah komputer adalah suatu alat hitung yang memiliki kegunaan dan juga fungsi untuk memproses data yang kemudian dapat disajikan dalam bentuk data, baik secara digital, maupun secara analog.
  10. Larry Long dan Nancy Long - Long & Long mengatakan bahwa yang dimaksud dengan komputer adalah sebuah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logika
  11. Pengertian Komputer menurut Williams Sawye. - Sawyer mengatakan pendapat lain mengenai arti dari sebuah komputer. Menurut Sawyer, komputer merupakan sebuah mesin multiguna yang dapat melakukan pemrograman, dan dapat melakukan deprogram. dimana mesin–mesin tersebut dapat meerima data berupa fakta dan gambar kasar, lalu kemudian memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuh informasi yang bisa digunakan oleh usernya.
  12. Pengertian komputer menurut Jhon J. Longkutoy - Jhon J. Longkutoy, berpendapat bahwa apa yang dimaksud dengan computer adalah suatu alat atau mesin pemecah persoalan atau sebuah mesin dan alat pengolah data yang mana dapat menghasilkan suatu informasi yang sedemikian rupa dan juga berguna bagi usernya
  13. Pengertian Komputer Menurut Wikipedia - Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
  14. Pengertian komputer secara umum - komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write komentar
  1. Pengertian komputer https://bangamingadget.com/pengertian-komputer-menurut-ahli/

    ReplyDelete