Oct 8, 2017

Perkembangan Model Atom

Perkembangan Atom

Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang tidak dapat dibelah lagi namun masih memiliki sifat kimia dan sifat fisika pada benda asalnya. Pengertian tersebut adalah hasil penyempurnaan dari pengertian atom menurut bahasa yunani yaitu kata A dan Tomos, yang dimana kata A berarti tidak dan kata Tomos berarti dibagi dan jika dua kata tersebut disatukan menjadi Tidak dibagi.

Seorang filsuf Yunani yang bernama Democritus pernah berpendapat bahwa jika suatu benda dibagi (dibelah) secara terus menerus, maka pada saat tertentu pasti akan didapat bagian yang tidak dapat dibelah lagi. Dan bagian seperti inilah yang disebut atom menurutnya.

Dalam perumusan Atom, Atom dilambangkan ZXA, dengan penjelasan sebagai berikut :

A = nomor massa
Z = nomor atom

Yang dimana Nomor masa berarti menunjukkan massa atom yang merupakan jumlah proton dan neutron, serta Nomor Atom berarti menunjukkan jumlah elektron atau proton. Dengan Proton bermuatan positif, neutron tidak bermuatan (netral), dan elektron bermuatan negatif.

Massa proton = massa neutron = 1.800 kali massa elektron. Atom-atom yang memiliki nomor atom sama dan nomor massa berbeda dapat kita sebut sebagai isotop, sedangkan atom-atom yang memiliki nomor massa sama dan nomor atom berbeda dinamakan isobar, serta atom-atom yang memiliiki jumlah neutron yang sama disebut isoton.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar