Aug 17, 2017

Faktor-faktor penyebab Radikalisme


(Image Source : Google)
Faktor-faktor Kemunculan Radikaisme
Sejarah kemunculan gerakan radikalisme dan kelahiran kelompok fundamentalisme dalam islam lebih di rujuk karena dua faktor, yaitu fajtor internal dan fak eksternal. Berikut adalah penjelasan dari kedua faktor tersebut.

1. Faktor internal
Faktor internal adalah adanya legitimasi teks keagamaan dalam melakukan perlawanan, hal itu yang sering kali menggunakan legitimasi teks (baik teks keagamaan maupun teks cultural) sebagai penopangnya. untuk kasus gerakan ekstrimisme islam yang merebak hampir di seluruh kawasan islam (termasuk indonesia) juga menggunakan teks-teks keislaman (Alquran, hadits dan classical sources kitab kuning) sebagai basis legitimasi teologis, karena memang teks tersebut secara tekstual ada yang mendukung terhadap sikap-sikap eksklusivisme dan ekstrimisme ini.

Faktor internal lainnya adalah dikarenakan gerakan ini mengalami frustasi yang mendalam, karena belum mampu mewujudkan cita-cita berdirinya negara islam internasional sehingga pelampiasannya dengan cara anarkis, mengebom fasilitas publik dan terorisme. Harus diakui bahwa salah satu penyebab gerakan radikalisme adalah faktor sentimen keagamaan, termasuk di dalamnya adalah solidaritas keagamaan untuk kawan yang tertindas oleh kekuatan tertentu. Tetapi hal tersebut lebih tepat dikatakan sebagai faktor emosi keagamaannya, dan bukan agama.

Baca Juga : 
Sejarah dan pengertian radikalisme Sejarah dan Pengertian Radikalisme

2. Faktor eksternal
Faktor eksternal  terdiri dari beberapa sebab di antaranya ;
1. ekonomi politik, kekuasaan depostik pemerintah yang menyeleweng dari nilai-nilai fundamental islam. Itu artinya, rezim di negara-negara islam gagal menjalankan nilai-nilai idealistik islam. Rezim-rezim itu bukan menjadi pelayan rakyat, sebaliknya berkuasa dengan sewenang-wenang bahkan menyengsarakan rakyat. Penjajahan Barat yang serakah, menghancurkan serta sekuler justru datang belakangan, terutama setelah ide kapitalisme global dan neokapitalisme menjadi pemenang. Satu ideologi yang kemudian mencari daerah jajahan untuk dijadikan “pasar baru”. Industrialisasi dan ekonomisasi pasar baru yang dijalankan dengan cara-cara berperang inilah yang sekarang  hingga melanggengkan kehadiran fundamentalisme islam.
2. faktor budaya, faktor ini menekankan pada budaya barat yang mendominasi
kehidupan saat ini, budaya sekularisme yang dianggap sebagai musuh besar yang harus dihilangkan dari bumi.
3. faktor sosial politik, pemerintah yang kurang tegas dalam mengendalikan masalah
teroris ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu faktor masih maraknya radikalisme di kalangan umat islam.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar